03 Mei 2013

Sekilas tentang Jetbus

Assalamualaikum... Kali ini saya mau share tentang bodi produksi karoseri Adiputro yang menjadi sampai saat ini masih jadi standar acuan bagi karoseri lain dalam mendesain bodi bus, yakni Jetbus. yang saya dapat dari .

Jetbus bisa dibilang adalah produk paling laris dari Adiputro, karena mudah sekali kita ketemu bodi yg satu ini, sampai kadang-kadang juga bikin bosan :D. Jetbus juga memiliki banyak varian, kebanyakan varian ini dibuat untuk memenuhi permintaan pelanggan. Mungkin hal ini juga dimaksudkan untuk membuat Jetbus ini makin variatif, jadi nggak melulu gitu-gitu aja.

Ini dia berbagai macam Jetbus

1. JETBUS MC : Biasanya bodi ini dipakai oleh Isuzu Elf, Hino Dutro, Mitsubishi Canter, & Toyota Dyna. Untuk lampu belakang, model ini menggunakan lampu belakang Ford Ranger. Ada 2 type, short chassis & LWB (Long Wheel Base).

2. JETBUS MCT : Bodi ini baru muncul di event IIMS 2012. Medium bus yang satu ini ternyata sudah mengaplikasikan Air Suspension (Suspensi Udara). 

3. JETBUS MD : bodi INI dipakai oleh medium bus, biasanya varian ini berchassis Mitsubishi FE84G BC, Hyundai Mighty Bus, HinoFB dll...

4. SUPER JETBUS MD : Adalah versi penyempurnaan dari type Jetbus MD. Dengan menambahkan 4 titik sensor parkir pada bumper belakang, 2 buah stop lamp tambahan (bawah stop lamp utama) dan variasi 4 buah lubang muffler. Pada bagian belakang juga telah diberi grill layaknya bus besar bermesin belakang.

4. JETBUS (non HD) : Inilah bodi cikal bakal dari semua varian Jetbus yang saya jelaskan disini. Model ini rilis until menggantikan model New Marcopolo yang telah dirilis terlebih dulu.

5. JETBUS HD : Setelah varian Jetbus non HD sukses di pasaran. Lalu Adiputro membuat varian baru lagi, yaitu Jetbus HD. HD artinya High Deck, jadi bodi bis lebih tinggi dari pada non HD. Banyak chassis yang dapat diaplikasikan pada model ini, misalnya Mercerdes-benz OH1521, OH1525, OH1526, OH1626 dan Hino RK8. Bodi ini banyak digunakan oleh bus pariwisata, karena dengan deck yang lebih tinggi, otomatis pemandangan penumpang tidak akan terhalang oleh badan gempal sang juru mudi dan asistennya... :D #peace

6. JETBUS HDSE : Secara umum tak ada yang beda antara Jetbus HD & Jetbus HDSE. Setelah diteliti lagi, ternyata bedanya pada tampilan belakangnya. Adanya stop lamp tambahan dibawah stop lamp utama dan juga mufler knalpot ada 2 lubang

7. SUPER JETBUS : Varian ini adalah hasil penyempurnaan & penyegaran tampilan dari Jetbus HDSE. Adanya 5 titik sensor parkir pada body belakang bis. Dan lubang mufler bertambah menjadi 4 buah.

8. SP JETBUS HD : Bodi ini dapat ditemui di jajaran armada PO. Gunung Harta. Saya belum tau pasti tentang varian yang satu ini, apa mungkin SP itu maksudnya Spesial ?

9. NEW JETBUS HD : Yang ini jelas bahwa new adalah varian Jetbus yang paling baru. Menurut saya bedanya dari pemdahulunya adalah bumper depan yang semakin disempurnakan. Dan beda lainya masih diteliti... hehehe

10. JETBUS+ : Ada yang baru dari PO. Zentrum. Di akhir-akhir tahun 2012 Zentrum telah melahirkan armada barunya, tentu saja buatan Karoseri Adi Putro. Namun ada yang beda dari biasanya, kali ini dengan nama Jetbus+. Varian ini diciptakan untuk PO Zentrum dengan 2 warna livery, ada biru dan pink. Tapi tetap dengan motif livery yang sama.

11. ZE JETBUS MATIC : Pertengahan bulan April 2013, PO. Zentrum menambah jajaran armada pariwisata. Kali ini dengan slogan "Matic Bus". Bus ini menggunakan mesin Mercedes Benz OH1526 Euro 3 dengan Transmisi Otomatis. Bus ini juga dilengkapi dengan Suspensi Udara yang memanjakan penumpangnya.

12. EROBUS FD : Gebrakan baru dari PO. Efisiensi untuk mempersiapkan tahun baru 2013. PO. Efisiensi telah mempersiapkan bus yang berbaju rakitan karoseri adiputro. Tapi sudah tidak menggunakan nama "Jetbus HD" lagi. Melainkan "Erobus FD". Yang spesial dari armada ini adalah 2 mufler kanan dan kiri dengan tulisan "Efisiensi Erobus FD".

13. JETBUS STAR HD : Ada yang baru dari PO. Nusa Bhakti Trans. Dengan memperkuat jajaran armadanya, Nusa Bhakti telah mempersiapkan senjata andalan, yakni Jetbus Star HD. Bis ini bermesin Mercedes-Benz OH1526. Dan istimewanya bis ini sudah dilengkapi dengan Air Suspension (Suspensi Udara) yang tentunya membuat penumpang semakin nyaman.

Pada tahun 2014, akhirnya Adiputro merilis adik dari bodi Jetbus ini, namanya adalah Jetbus 2. Walaupun namanya beda tipis, tapi banyak sekali perubahan yang Adiputro berikan pada bodi baru ini, sehingga tampilannya sangat jauh berbeda jika dibandingkan dengan bodi Jetbus yang lama ini.

Sebenarnya masih ada banyak varian laiinya. tapi kali ini cukup segitu dulu. Semoga bermanfaat. See you on the next post !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan sopan...