25 Mei 2017

Sekilas tentang Jetbus SDD

Assalamualaikum... Kali ini saya pengen share tentang salah satu varian bodi berlantai ganda (double-decker) yang diproduksi oleh Karoseri Adiputro, yakni Jetbus SDD.



Dari luar, penampakan Jetbus SDD ini sangatlah mirip dengan Jetbus SHD, dimana juga memiliki topi di bagian depan, untuk menutupi sambungan kaca depannya. Di bagian samping, bodi ini pun memiliki selendang yang sama dengan Jetbus SHD.

Yang membedakan adalah adanya dua lantai di Jetbus SDD, bukan hanya satu lantai seperti pada Jetbus SHD. Hal ini pun membuat bodi ini bisa mengangkut penumpang lebih banyak. Untuk menuju lantai dua, terdapat sebuah tangga berbentuk spiral di bagian belakang bus.

Lantai satu biasanya​ diperuntukkan untuk penumpang kelas Super Eksekutif, karena kapasitas lantai satu tidaklah terlalu banyak, sehingga cocok untuk penumpang yang butuh privasi lebih dan juga fasilitas lebih mewah. Sementara itu, lantai dua, biasanya diperuntukkan untuk penumpang kelas Eksekutif, yang memiliki kapasitas lebih banyak. Lantai dua ini memiliki keunggulan pemandangannya yang lebih luas,  mengingat kelas Eksekutif berada di lantai dua.

Selain itu, yang membedakan adalah bahwa Jetbus SDD ini memerlukan dua axle ban belakang, sehingga ban belakangnya berjumlah delapan, bukan empat seperti di Jetbus SHD. Ban belakang yang lebih banyak ini berfungsi untuk memperkecil beban yang harus diampu tiap ban, hal ini mengingat bahwa Jetbus SDD memiliki dua lantai, sehingga sehingga beratnya pun lebih banyak.

Sekian post saya kali ini tentang Jetbus SDD, semoga bisa memberikan pencerahan. See you on the next post ! :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan sopan...