14 April 2014

Sekilas tentang Karoseri Adi Putro

Assalamualaikum.,. Kali ini saya mau share ke kalian tentang karoseri yang menjadi kiblat bagi karoseri-karoseri di Indonesia dalam hal pekerjaan bodinya, yakni Karoseri Adi Putro.
Karoseri Adi Putro didirikan oleh kakak beradik asal Kabupaten Malang pada tahun 1973. Karoseri ini awalnya didirikan karena adanya permintaan mobil penumpang yg cukup besar. Karoseri ini awalnya mengubah mobil pick up menjadi mobil penumpang. Karena produk mobil penumpang ini mendapat respon yang cukup baik, akhirnya pada tahun 1975, Karoseri ini resmi berdiri dengan nama PT. Adiputro Wirasejati. Lalu pada tahun 1982, AP mulai berkembang dan membeli mesin press body (untuk membuat bodi mobil, seperti bodi Suzuki Carry full pressed body). Lalu pada tahun 1986, Adi Putro mulai menggunakan sistem cat OVEN untuk meningkatkan kualitas pengecatan.nya. Lalu pada tahun 1989, Adi Putro mendirikan kantor pemasaran di Jakarta dan sebuah pabrik perakitan di Bekasi. Pada tahun 1994, Adi Putro mulai melakukan kerja sama dengan Mercedes-Benz, dengan mengirim para para pegawai AP ke Jerman untuk mempelajari standar perakitan bodi bertaraf internasional. Baru pada tahun 1995, AP mulai memproduksi bodi bus, untuk menyaingi Karoseri Morodadi Prima yang juga memproduksi bodi bus. PO pertama yang menjadi pelanggan AdiPutro adalah PO. Safari Dharma Raya, yang memesan bodi DreamLiner. Walaupun AP punya banyak nama untuk bodi bus hasil produksinya, sebenarnya hanya ada 2 brand utama dari AdiPutro, yakni Royal Coach E & Royal Coach SE. Biasanya emblem Royal Coach ini dipasang di bawah kaca samping bagian depan (dekat pintu depan). Yang membedakan hanyalah fasilitas interior dan ketebalan bodi, RCSE memiliki fasilitas interior yang lebih lengkap daripada RCE. Selain itu, bodi RCSE lebih tebal 5 cm dari RCE. Itulah kenapa walaupun sama-sama Jetbus, ada yang Royal Coach SE dan ada juga yang Royal Coach E. Karena perbedaan fasilitasnya itulah, biasanya RCSE dipakai untuk bus-bus PATAS dan Eksekutif. Sedangkan RCE sering dipakai untuk bus-bus ATB dan Ekonomi.

 Sekian post saya kali ini tentang Karoseri Adi Putro yang saya dapat dari http://sanzakiiytoet.blogspot.com dengan perubahan seperlunya. Semoga bermanfaat. See you on the next post !

2 komentar:

  1. Mas, ijin share di blog aku y.
    kunjungi blog aku umairdafi02.blogspot.com. terima kasih mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, silahkan. Jangan lupa untuk mencantumkan alamat blog ini sebagai sumbernya... :D

      Hapus

Berkomentarlah dengan sopan...