06 Mei 2020

Sejarah PO. Akas II

Assalamualaikum

Kali ini saya akan menjelaskan sekelumit sejarah PO. Akas II. Jika ada kesalahan, mohon agar dikoreksi lewat kolom komentar :)


PO. Akas II merupakan salah satu pecahan dari PO. Akas, selain PO. Akas I, PO. Akas III, dan PO. Akas IV. Pemecahan tersebut didasarkan pada jumlah anak dari pemilik PO. Akas, yakni empat orang.

Pada tahun 2002, PO. Akas II kembali dipecah menjadi tiga PO, yakni PO. Akas NNR, PO. Akas Asri, dan PO. Akas Green. Pemecahan tersebut didasarkan pada jumlah istri dari pemilik PO. Akas II, yakni tiga orang

PO. Akas NNR
NNR merupakan inisial dari ketiga anak pemilik PO. Dulu Akas NNR juga memiliki anak usaha bernama PO. Mila Sejahtera, untuk melayani sejumlah trayek Patas dan satu trayek Ekonomi Jarak Jauh (Banyuwangi - Jogja PP.), namun PO ini sudah dijual ke PO. Akas IV

PO. Akas NNR kini telah dipecah menjadi PO. Akas N1 dan PO. Akas NR.

PO. Akas Asri
Armada PO ini kini dikelola oleh empat PT, yakni PT. Terry Akas Asri, PT. Gading Akas Asri, PT. Danaf Abadi Trans, dan PT. Andry Febiola Trans. Masing-masing PT tersebut dimiliki oleh anak dari pemilik PO. Walaupun berbeda PT, keempatnya masih berbisnis dengan menggunakan nama Akas Asri

PO. Akas Green
PO ini menggunakan nama "Green', karena memang busnya dicat dengan livery berwarna hijau.

Berikut trayek terjauh yang masih dijalani oleh ketiga PO tersebut:
PO. Akas N1: Probolinggo - Cirebon PP.
PO. Akas NR: Probolinggo - Cirebon PP.
PO. Akas Asri: Jember - Jakarta PP.
PO. Akas Green: Malang - Surabaya - Ponorogo PP.

Sekian post saya kali ini tentang sejarah PO. Akas II. Semoga bermanfaat :)

1 komentar:

Berkomentarlah dengan sopan...