20 Januari 2016

Sekilas tentang PO. Sempati Star

Assalamualaikum, kali ini saya akan berbagi tentang salah satu PO yang sangat fenomenal dari Aceh, yakni PO. Sempati Star.

PO. Sempati Star berawal dari PO. Bintang Sempati yang sudah tidak beroperasi lagi sejak tahun 2011, yang lalu pada tanggal 28 Mei 2012 diambil alih oleh Seupakat Group (yang juga pernah berinvestasi di P.M.T.O.H) , dan diubah namanya menjadi Sempati Star.
Sempati Star pun mulai beroperasi pada tanggal 17 September 2012 dengan bus yang pernah dioperasikan oleh P.M.T.O.H, yakni bus-bus bermesin Mercedes-Benz OH 1830 dan OH 1526. PO. ini muncul dengan livery unik nan cerah, berwarna dasar kuning-kuning dan kuning-merah.

PO. yang bermarkas di Jl. Gajah Mada No.50, Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara ini menawarkan fitur-fitur yang terbilang sangat eksklusif untuk sekelas bus penumpang reguler. Sempati Star menawarkan beberapa kelas untuk penumpangnya, yakni kelas Patas Executive, Patas VIP, Super Executive, Super VIP, dan Nonstop. Kelas Nonstop ini adalah kelas paling tinggi dengan konfigurasi kursi 2-1 dan tidak akan berhenti sebelum sampai tujuan (kecuali kalau ada masalah atau hal lain tentunya... :D).

Untuk urusan armada, Sempati Star menggunakan mesin buatan Mercedes Benz dan Scania. Untuk Mercedes Benz, Sempati Star menggunakan beberapa tipe chassis , diantaranya OH 1526, OH 1626, OH 1830, O500R 1836 dan yang paling baru adalah OC500RF 2542 dengan dua lantai atau Double Decker. Sementara untuk Scania, Sempati Star hanya memakai tipe chassis K360iB dan K360 Opticruise, walaupun kabarnya Sempati Star juga akan kembali menggunakan chassis Scania, yakni Scania K410 Opticruise untuk bus terbaru nya.

Rute yang saat ini dilayani Sempati Star adalah :
Medan – Banda Aceh
Medan – Sigli
Medan – Bireuen
Medan – Pondok Baru
Medan – Takengon
Medan – Lhokseumawe

Walaupun saat ini Sempati Star hanya melayani penumpang di wilayah Aceh saja, banyak yang berharap PO. ini mau membuka trayek baru hingga ke Jakarta, seperti para seniornya di Aceh, mengingat pelayanannya yang sangat mewah ini. (saya aja juga pengen naik bis ini, asalkan dibayarin, wkwk... :D)

Sekian post saya kali ini tentang PO. Sempati Star yang saya sarikan dari mblusuk.com. Semoga bermanfaat. See you on the next post !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan sopan...