20 Agustus 2013

Sekilas tentang PO. Efisiensi

Assalamualaikum... Kali ini saya mau share kalian tentang sejarah singkat sebuah PO yang pada akhir-akhir ini terkenal akan bus-bus patasnya yang terkesan mewah, yakni PO. Efisiensi.
Tentu saja keberadaan armada bus patas PO. Efisiensi menjadi primadona baru di jalur selatan. Berawal dari bisnis bus pariwisata kini PO. Efisiensi menjadi pemain utama bus PATAS jalur selatan dengan trayek Cilacap-Jogja dan Purwokerto-Jogja. Trayek Cilacap-Jogja mulai beroperasi pada tahun 2002. Saat itu, belum ada PO yang melayani patas, padahal di Cilacap sendiri sudah ada beberapa PO yang cukup dikenal masyarakat seperti PO. Aman dan PO Utama Putra. Kedua PO tersebut pernah mengerahkan armada ATB untuk melayani trayek Cilacap-Jogja-Solo namun tidak bertahan lama. Perlahan namun pasti, PO. Efisiensi mulai mendapatkan tempat di hati masyarakat, sehingga tahun 2008 dibukalah trayek Purwokerto-Jogja. Pada jalur ini, sudah ada beberapa pemain lama yaitu PO. Raharja, PO. Mulyo, PO. Teguh dan PO. Citra Adi Lancar yang melayani hingga Tegal. Dengan masuknya armada patas PO. Efisiensi di trayek ini, para pemain lama pun menjadi kalah bersaing, PO. Raharja pun terpaksa mengalihkan armadanya untuk jurusan Jakarta dan PO. Mulyo juga terpaksa mengikuti jejak PO. Efisiensi dengan mengerahkan armada ATB untuk trayek ini.

Menurut saya, PO. Efisiensi dapat menjadi pemain utama di trayek-trayek diatas karena dapat memberikan pelayanan yang berbeda dari PO lain, seperti :
 1. Dari fanpage di Facebook, saya mendapat informasi bahwa setiap 2-3 tahun sekali armadanya selalu diganti dan armada yang lama dialihtugaskan menjadi armada pariwisata atau dijual ke PO lain (seperti PO. Gapuraning Rahayu yang sering membeli bus dari Efi). Sepertinya, PO. Efisiensi sangat paham apa yang diharapkan konsumen, yakni kenyamanan. Selain menguntungkan konsumen, penggunaan armada baru juga meminimalisir biaya perawatan kendaraan yang akan bertambah seiring bertambahnya usia armada. Penggunaan armada baru, mungkin juga dimaksudkan untuk menjaga image PO Efisiensi yang menyasar segmen penumpang kelas menengah ke atas.

2. PO. Efisiensi memberikan layanan shuttle bus gratis untuk penumpang yang menuju kota Jogjakarta maupun Bandara Adi Sutjipto. Penumpang bisa memperoleh tiket shuttle bus di rest area Wonosari, Kebumen. Adanya shuttle ini tentu sangat membantu penumpang untuk dapat segera sampai di tempat tujuan tanpa perlu naik angkutan umum lainnya. Penumpang yang akan menggunakan jasa shuttle bus akan turun di agen Efisiensi, dan dari sini armada shuttle bus siap mengantar penumpang ke tempat yang diinginkan

3. Penumpang PO. Efisiensi dapat naik dari mana saja (tidak harus naik dari agen / terminal), asalkan belum melewati rest area Wonosari, Kebumen. Selain itu disediakan juga air mineral dan audio video berkelas di dalam bus.

4. PO. Efisiensi juga mengeluarkan beberapa armada dengan judul "ROYAL CLASS" yang memiliki fasilitas yang lebih mewah dan lebih baik daripada armada patas reguler. (Armada 'Royal Class' ini saya bahas di post selanjutnya)

 Keberadaan PO ini setidaknya dapat menjadi contoh yang baik bagi pengusaha bus lainnya untuk memberikan pelayanan yang maksimal bagi penumpang. Angkutan umum lainnya seperti kereta api juga dapat meniru apa yang dilakukan oleh PO kebanggaan masyarakat Kebumen ini. Harga tiket Rp. 40.000 terasa murah untuk pelayanan yang diberikan PO. Efisiensi.

 Sekian post saya ke kalian tentang PO. Efisiensi yang saya dapat dari www.nudwi.wordpress.com dengan sedikit perubahan dari saya. See you on the next post,

6 komentar:

  1. Armada shuttle saat ini tidak lagi di SPBU Ambarketawang, tapi sudah di agen sekaligus garasi Efi di Jogja, yaitu di Agen Ambarketawang (SPBU Ambarketawang ke selatan dikit)..
    slain itu, Efi juga meyediakan jasa jemputan shuttle dari agen2 di beberapa titik di dalam kota Jogja..

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas koreksinya, saya akan perbaiki secepatnya...

      Hapus
  2. satu lagi..layanan softdrink sudah digantikan Air Mineral..
    dan Efi juga memiliki armada Big Top (seat 2-1), dg tiket 50rb..
    daann.. Efi juga memperlebar sayap hingga ke Purbalingga (antar-jemput shuttle dari agen Purbalingga-agen Sokaraja, Purwokerto)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas koreksinya, akan saya perbaiki...

      Hapus
  3. mohon info kalau dari bandara jogja mau naik efiensi apakah ada shuttle yang langsung dari bandara ke agen atau ke terminal, atau apakah mungkin saya ke agen terus nanti dijemput shuttle. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon maaf, saya hanyalah blogger yg suka bus, jadi data2 diatas saya dapat dari google. Lagipula saya tinggal di jember, yg tidak dilayani oleh efisiensi. jadi saya tidak dapat menjawab pertanyaan anda. sekali lagi maafkan saya...

      Hapus

Berkomentarlah dengan sopan...