23 Juni 2013

Sekilas tentang BisMania Community

Assalamualaikum... Kali ini saya mau share tentang sejarah berdirinya BisMania Community.

Berawal dari penuturan di sebuah blog, www.anjarpriandoyo.wordpress.com yang menceritakan tentang complain dalam perjalanannya menggunakan bus. Post tersebut ternyata mengundang banyak pengunjung, menciptakan sebuah suasana diskusi mulai dari kualitas karoseri bus, pelayanan suatu PO bahkan sampai bedah mesin. Termasuk di dalamnya adalah Gentur, yang memiliki gagasan bahwa ternyata yang memiliki kecintaan dan interest terhadap bus tidaklah sedikit, membuatnya berfikir kenapa tidak diorganisir saja rekan-rekan tersebut dalam satu wadah, dalam hal ini komunitas. Sehingga bisa memaksimalkan ide, gagasan atau hobi tersebut dalam tempat tersendiri, tidak selalu ‘nebeng’ dalam blog pribadi mengingat peminat obrolan tentang bus semakin banyak. Disusul oleh rekan-rekan yang lain, diadakanlah beberapa kali kopi darat. Hingga akhirnya memutuskan untuk membuat suatu komunitas bis dengan mailing list bertitle bismania@yahoogroups.com sebagai sarana bertukar informasi, yang juga merupakan tanda resmi berdirinya Bismania Community, yaitu pada tanggal 3 April 2007. Saat itu, Bismania Community belum memiliki struktur organisasi yang jelas. Sehingga secara aklamasi, ditunjuklah Gentur sebagai Ketua pada waktu itu. Dengan keberadaan member yang semakin bertambah banyak, bahkan tersebar di berbagai daerah hingga pada masanya Bismania Community mengadakan Jambore Nasional Pertama pada 1 Juli 2007 bertempat di Pool PO. Nusantara Kudus. Timbulnya PT Bismania Indonesia menjadi awal kekacauan komunitas. Berjalan beberapa bulan, beberapa founder komunitas ini kemudian mendirikan satu badan usaha dengan nama PT Bismania Indonesia (PT BMI), bergerak di bidang event organizer (misal jika ada pameran), advertisement dan agency bus, dan juga Majalah Bus “Bus Magazine” serta mendirikan website www.bismania.com sebagai sarana penyebaran informasinya (profit-oriented), sementara tujuan dibentuknya Bismania Community diawal adalah murni komunitas yang independen dan non-profit-oriented. Pendirian badan usaha dengan bentuk PerseroanTerbatas dengan nama yang sama dengan komunitas yakni “Bismania” disertai tanpa adanya sosialisasi dan transparansi yang memadai kepada member komunitas inilah yang menjadi awal terjadi kekacauan di komunitas ini. Beberapa rekan di bismania memberi stempel sah pada PT BMI ini, sebagian lagi berpendapat bisnis pribadi sebaiknya dilakukan di luar koridor komunitas, penggunaan namayang sama juga diperdebatkan karena bisa menimbulkan benturan kepentingan di masa mendatang yang akan menyulitkan kedua belah pihak. Pro kontra mengenai masalah ini menimbulkan perpecahan, milist bismania yang seharusnya menjadi ajang informasi, menjadi ajang adu domba, fitnah, bertengkar yang luar biasa yang mengarah pada terjadinya konflik. Milist yang nyaman berubah menjadi tidak nyaman dan dibiarkan oleh sang moderator menjadi tidak terkendali, pada saat inilah ajakan untuk berpindah ke website sebagai sarana informasi bismania di mulai, tentunya dengan harapan menaikkan rating website tersebut agar semakin banyak dilirik. Konflik yang terjadi semakin meruncing hingga akhirnya, timbulah perpecahan. Sesuatu yang harusnya tidak akan terjadi jika konflik yang ada dikelola secara baik, apresiasi sebagian pengurus PT yang sebagian masih muda yang masih mengedepankan emosional dan ego dalam penyelesaian konflik semakin membuat runyam. Kebodohan dalam menyikapi dan membaca peluang ditambah sentimental negatif kepada anggota komunitas yang kontra dengan keberadaan BMI ini akhirnya memuncak, pecahlah bismania, Bismania sebagai komunitas dalam bentuk Bismania Community (BMC) dengan mailing list bismania@yahoogroups.c omdan PT Bismania Indonesia (BMI) dengan website www.bismania.com Sampai suatu saat terjadi konsolidasi antara Bismania Community dengan BMI, dengan notulen rapat yang menghasilkan kesepakatan bahwa founder-founder tersebut menyerahkan Bismania Community untuk dikelola dengan baik oleh rekan-rekan yang lain, sementara mereka akan tetap dengan bendera PT. Bismania Indonesia dan Bus Magazine sebagai iconnya waktu itu, yang pada akhirnya membentuk komunitas penggemar bis baru disamping bismania community. Bismania Community terpecah menjadi 3 kubu :

1. www.bismania.orgBismania Community (BMC) – memakai logo bismania baru
2. www.bismania.com Bismania Forum (Forbiscom) – memakai logo Bismania yang lama
3. www.portalbus.info yang terdiri dari : JakBus (Jakarta Bus Society), Bandung Bisser Community (BBC), dan sejenisnya.

 Sekian post dari saya tentang sejarah berdirinya BMC yang saya dapat dari www.bismania.org dan disini juga saya mau menjelaskan jika dalam hal ini saya tidak bermaksud untuk menjadi 'pengingat masa lalu' dan 'pembawa kayu bakar' melainkan hanya sekedar membagi pengetahuan untuk temen2 lain, dan saya juga tidak pernah menjadi anggota dari komunitas pecinta bis manapun. See you on the next post !

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah dengan sopan...